Jumat, 14 Mei 2010

Center of Gravityadalah titik dimana semua beban yang ada pada kapal disatukan.
Titik G adalah titik tangkap atau resultan dari semua gaya tekanan zat cair diman kapal berada.
G bergerak kearah beban yang ditambah pada kapal.jika kita membonghkar maka G akan menjauhi tempat yang kita bongkar.G akan bergerak searah dengan gerakannya

Kesimpulan :
1.jika kapal mendapatkan beban maka titik G akan Bergerak menuju tempat yang dimuat.
2.Jika dibongkar akan menjauh.
3.Jika digeser maka akan bergerak searah benda digeser.G akan bergerak searah beban digeser.


Jadi titik G akan berubah ketika kapal menambah, mengurangi serta menggeser mauatannya.

Tiga Kedudukan Stabilitas Kapal.

1.kedudukan Stabilitas Positif ( The stability of ship is stable).
2.kedudukan stabilitas Negatif ( The stability of ship is unstable)
3.kedudukan Stabilitas Netral ( The stability of ship is netral)


Periode Oleng Adalah waktu yang diperlukan oleh kapal untuk miring kekanan atau kekiri ataupun Tegak
GM besar = stiff
GM kecil = lengser
TPC adalah angka yang menunjukkan berapa ton beban yang diperlukan untuk merubah draft rata – rata kapal 1 cm.
TPC dapat kita temukan di Hidrostatic Curve dan Dead Weight Scale.
TPC dapat digunakan untuk mengetahui draft rata – rata kapal pada akhir pemuatan/ pembongkaran dan untuk mengetahui berapa muatan yang harus ditambah agar mencapai draft akhir.
FRESH WATER ALLOWANCE adalah penambahan draft kapal dari air laut BJ 1025 kg ke air tawar BJ 1000 kg atau sebaliknya.
Salinometer adalah alat untuk mengukur BJ air setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar